Hetalia: Axis Powers - Rome Peng. Animasi & Desain Grafis (Tulisan 4) ~ BERBAGI ILMU

Muhammad Faiz Hamman

Terimakasih Atas Kunjungannya

Friday 17 March 2017

Peng. Animasi & Desain Grafis (Tulisan 4)

                          JENIS-JENIS ANIMASI BERDASARKAN TEKNIK PEMBUATAN

1. Animasi Cel

Animasi cel merupakan animasi tertua dan merupakan bentuk animasi yang paling terkenal. Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate). Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation).
          
Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, pada akhirnya gambar akan tampil bersamaan(seperti pada metode layer).

Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional dimana terdapat beberapa langkah pembuatannya:
1.  Menyiapkan ide/storyboard (script)
2.  Voice Recording
3.  Animatics (story reel)
4.  Design and Timing
5.  Layout
6.  Animation
7.  Background
8.  Traditional ink-and-paint and camera

2. Animasi Frame

Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second).

      Contoh animasi frame adalah ketika membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian buka buku dengan menggunakan jempol secara cepat digerakan, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script. Untuk sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.

3. Animasi Sprite

Animasi sprite, yaitu obyek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Sprite merupakan animasi yang bergerak secara mandiri. Animasi sprite bagian yang dapat diedit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite, selebihnya tidak dapat diedit yang ditampilkan oleh layar pada frame. Penggunaan animasi jenis ini sering digunakan dalam Macromedia Director. Contoh animasi dengan tipe objek sprite ini adalah membuat simulasi tata surya dimana latar belakangnya tidak bergerak. Hanya planet-planet saja yang bergerak.

4. Animasi Path

Animasi path adalah animasi dari sebuah obyek yang bergerak pada lintasan atau sepanjang garis kurva yang telah ditentukan. Dalam Macromedia Flash, animasi path didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek. Contoh animasi path adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu.

5. Animasi Spline

Animasi spline adalah representasi matematis dari kurva. Yakni objek bergerak yang biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya bentuk kurva, program animasi komputer memungkinkan untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerak berbentuk kurva. Dalam Macromedia Flash, animasi spline didapatkan dengan teknik animasi script. Contoh animasi spline adalah animasi kupu-kupu yang terbang dengan kecepatan yang tidak tetap dan lintasan yang berubah-ubah.

6. Animasi Vektor

Animasi vektor adalah animasi yang menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan objeknya. Setiap objek dalam animasi vektor bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam (hampir sama dengan animasi sprite). Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang. Penggunaan vektor ini juga mengakibatkan ukuran file animasi vektor menjadi lebih kecil dibandingkan dengan file animasi sprite.Animasi sprite menggunakan gambar bitmap.

7. Animasi Character

Animasi karakter biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3 dimensi. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi ini mengandalkan komputer untuk bergerak. Namun pada permulaan, menggunakan teknik manual nantinya di scan dengan scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan lain sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah.

C.  CONTOH FILM ANIMASI

1. Animasi 2D

Animasi 2D atau disebut dengan film kartun. Kartun biasanya dominan dengan gambar bergerak yang lucu. Kini contoh film animasi 2D seperti Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, dan Scooby doo, merupakan sebagian kecil animasi 2D. Film disney mendominasi animasi 2D yang paling populer.

Film animasi 2D Looney Tunes merupakan film animasi 2D yang terkenal dizamannya namun hingga kini film 2D tersebut masih laku dipasaran karena karakter film yang dikhususkan untuk anak-anak khususnya.

2. Animasi 3D

Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Contoh jenis film 3D yang sangat terkenal adalah Toy Story, dan mulailah studio film dunia memproduksi film yang sejenis.

Hingga kini film yang diproduksi oleh Disney pixar Toy story sudah masuk ke sequel ke 3 dimana pertama kali produksi film ini banyak direspon oleh produksi film dunia hingga akhirnya toy story terus menjadi film animasi 3D yang banyak diminati.

3. Animasi Stop-Motion

Animasi Stop motion dikenali juga sebagai claymation kerana animasi ini menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang di gerakkan. Teknik ini pertama kali di perkenalkan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906.

Teknik ini seringkali digunakan dalam menghasilkan visual effect bagi filem-filem era tahun 50an dan 60an. Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul Chicken Run, dan Shaun the Sheep.

Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi ini agak sukar untuk dihasilkan dan memerlukan kos yang tinggi.

Film yang terbuat dari clay yakni Shaun the sheep pertama kali rilis pertama kali di Inggris pada Maret 2007 di CBBC Channel. Serial televisi animasi yang diperuntungkan untuk anak-anak ini pertama kali tayang di Indonesia sekitar tahun 2010. Kini film stop-motion dengan durasi yang panjang telah dirilis pada tanggal 6 Februari 2015 di Britania Raya, dan akan disiarkan di seluruh dunia.


4. Animasi Jepang (Anime)

Jepang merupakan salah satu negara maju yang memproduksi film yang dikenal dengan sebutan Anime. Anime memiliki karakter yang berbeda dengan animasi negara bagian eropa. Salah satu film yang terkenal adalah film Fantasy Advent Children dan Jepang sudah banyak memproduksi anime. Animasi Jepang tidak diperuntukan hanya untuk anak-anak saja tetapi juga diciptakan untuk orang dewasa. Dr. Osamu Tezuka menciptakan Tetsuwan Atom atau lebih dikenal dengan Astro Boy.

Serial Astro Boy adalah serial futuristik tentang Astro Boy yang hidup berdampingan dengan manusia yakni Doctor Tenma, kepala bidang pengetahuan membuat robot berbentuk manusia kecil bernama Astro yang memiliki sifat rendah hati dan suka menolong walau banyak yang membencinya karena keberadaan robot. Seri anime yang diputar pada tahun 1963 hingga 1966. Sedangkan di Indonesia film ini ditayangkan sekitar tahun 1990 hingga awal 2000.

0 comments:

Post a Comment