Hetalia: Axis Powers - Rome Keterhubungan SIM Dan Manajemen Layanan Sistem Informasi ~ BERBAGI ILMU

Muhammad Faiz Hamman

Terimakasih Atas Kunjungannya

Friday 18 March 2016

Keterhubungan SIM Dan Manajemen Layanan Sistem Informasi

DEFINISI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi manajemen atau disingkat dengan SIM menjadi tolak ukur keputusan organisasi atau kelompok. Melalui sistem informasi manajemen, sebuah bidang pekerjaan yang menyangkut analisis manajemen dapat diselesaikan. Dibalik perlunya ilmu sistem informasi manajemen, ada tujuan pentingnya penggunaan ilmu tersebut. Tiga tujuan penting yang harus dicermati dari sistem informasi antara lain untuk perhitungan harga, perencanaan, serta pengambilan dari keputusan. Dengan memegang tiga tujuan tersebut, maka analisis yang dilakukan dapat dikerjakan dan ditemukan penyelesaiannya. 
Berikut ini adalah beberapa pendapat dan juga pengertian dari tokoh dan juga ahli mengenai sistem informasi manajemen :
1.    Danu Wira Pangestu (2007)
SIM (sistem informasi manajemen) dapat didefenisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.
2.    Raymond McLeod Jr (1995)
Raymond McLeod Jr mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan
3.    James. A.F. Stoner
James. A.F. Stoner (dalam Mu’alimah), system informasi manajemen yaitu metode yang formal yang menyediakan bagi pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya, untuk mendukung proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, dan fungsi oprasi sebuah organisasi yang lebih efektif.
4.   Gordon. B. Davis (1984)
Menurut Davis Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasi, jalannya manajemen dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi
5.    Encyclopedia of Management
sistem informasi manajemen adalah pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk memberikan bantuan piawai yang memudahkan proses manajerial kepada pejabat pimpinan.
6.    Joel.D. Aron (1969)
Aron (dalam Margianti) menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem informasi yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam membuat keputusan
7.    E.S Margianti & Suryadi H.S
Margianti dan Suryadi mendefinisikan sistem informasi manajemen sebagai suatu sistem berdasarkan komputer yang menjadikan sebuah informasi dapat digunakan oleh para manajer untuk kebutuhan yang sama. Informasi yang terdapat pada sistem informasi manajemen biasanya berisi tentang segala bentuk kejadian di dalam perusahaan, yang merupakan kejadian pada masa lalu, saat ini, hingga prediksi.
KOMPONEN PEMBENTUK SIM:
  1.  HARDWARE                                                             
              ·      Input
·      Logika
·      Internal memory
·      Output device                                        
  2.   Software
Perangkat lunak juga sangat penting di sim ini, software di bagi menjadi dua:
·      Software system
·      Software aplikasi 
  3.   Procedure
Prodedure adalah suatu aturan atau system yang sudah disediakan seperti buku panduan dan instruksi-instruksi

FUNGSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN:
1.   Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas perusahaan
2.   Memproses daa menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen
3.   Memanajemenkan data yang sudah ada
4.   Mengendalikan data yang ada di perusahaan
5.   Penghasil informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan , mengeksekusi perencanaan dan mengontrol aktivitas

DEFINISI LAYANAN SISTEM INFORMASI/TEKNOLOGI INFORMASI

Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. sistem informasi manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan persoal manajemen. Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu proses kerja sama untuk menolong atau membantu segala apa yang diperlukan orang lain  untuk kebutuhn organisasi yang bersifat manajerial dengan suatu strategi.
Teknologi Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
* lebih cepat
* lebih luas sebarannya, dan
* lebih lama penyimpannya.

Berikut ini adalah pengertian system informasi menurut beberapa para ahli:
  1.   Menurut Mc Leod
Sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi

  2.   Menurut Erwan Arbie
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

  3.   Menurut Tafri D. Muhyuzir
Sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.

  4.   Menurut O’Brien
Sistem informasi adalah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.

  5.   Menurut Leitch Rosses
Sistem informasi express adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

komponen system informasi:                                                           
Terdiri dari computer, instruksi, fakta yang tersimpan, manusia dan procedure. System informasi dapat dikategorikan menjadi empat bagian antara lain:
1.   System informasi manajemen
2.   System pendukung keputusan
3.   System informasi eksekutuf
4.   System pemrosesan transaksi

Fungsi system informasi:
  • Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  • Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  • Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa hubungan antara system informasi manajemen dengan manajemen layanan system informasi adalah hubungan yang sama sama bergerak dibidang informasi atau pengolahan, atau system yang berbasis computer yang berfungsi untuk menyediakan informasi sesuai keinginan perusahaan untuk mengorganisasikan perencanaan sampai terjadinya suatu keputusan. Namun karena system tersebut menggunakan teknologi informasi sangat rentan mengalami gangguan atau kerusakan yang akan mempengaruhi informasi tersebut.

0 comments:

Post a Comment