DEFINISI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi
manajemen atau disingkat dengan SIM menjadi tolak ukur keputusan organisasi
atau kelompok. Melalui sistem informasi manajemen, sebuah bidang pekerjaan yang
menyangkut analisis manajemen dapat diselesaikan. Dibalik perlunya ilmu sistem
informasi manajemen, ada tujuan pentingnya penggunaan ilmu tersebut. Tiga
tujuan penting yang harus dicermati dari sistem informasi antara lain untuk
perhitungan harga, perencanaan, serta pengambilan dari keputusan. Dengan
memegang tiga tujuan tersebut, maka analisis yang dilakukan dapat dikerjakan
dan ditemukan penyelesaiannya.
Berikut ini adalah beberapa pendapat dan juga pengertian dari
tokoh dan juga ahli mengenai sistem informasi manajemen :
1. Danu Wira Pangestu (2007)
SIM (sistem informasi manajemen) dapat
didefenisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung
jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna
untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.
2. Raymond McLeod Jr (1995)
Raymond McLeod Jr mendefinisikan Sistem
Informasi Manajemen sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi
menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah
terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin
terjadi di masa depan
3. James. A.F. Stoner
James. A.F. Stoner (dalam Mu’alimah),
system informasi manajemen yaitu metode yang formal yang menyediakan bagi pihak
manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya, untuk mendukung
proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, dan fungsi oprasi
sebuah organisasi yang lebih efektif.
4. Gordon. B. Davis (1984)
Menurut Davis Sistem Informasi Manajemen
adalah sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu
memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasi, jalannya
manajemen dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi
5. Encyclopedia of Management
sistem informasi manajemen adalah
pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk memberikan bantuan piawai yang
memudahkan proses manajerial kepada pejabat pimpinan.
6. Joel.D. Aron (1969)
Aron (dalam Margianti) menyebutkan bahwa
sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem informasi yang memberikan
informasi yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam membuat keputusan
7. E.S Margianti & Suryadi H.S
Margianti dan Suryadi mendefinisikan
sistem informasi manajemen sebagai suatu sistem berdasarkan komputer yang
menjadikan sebuah informasi dapat digunakan oleh para manajer untuk kebutuhan
yang sama. Informasi yang terdapat pada sistem informasi manajemen biasanya
berisi tentang segala bentuk kejadian di dalam perusahaan, yang merupakan
kejadian pada masa lalu, saat ini, hingga prediksi.
KOMPONEN
PEMBENTUK SIM:
1. HARDWARE
· Input
· Input
· Logika
· Internal
memory
· Output
device
2. Software
Perangkat lunak juga sangat penting
di sim ini, software di bagi menjadi dua:
· Software
system
· Software
aplikasi
3. Procedure
Prodedure adalah suatu aturan atau system
yang sudah disediakan seperti buku panduan dan instruksi-instruksi
FUNGSI
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN:
1.
Mengumpulkan
dan menyimpan data dari semua aktivitas perusahaan
2.
Memproses
daa menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen
3.
Memanajemenkan
data yang sudah ada
4.
Mengendalikan
data yang ada di perusahaan
5.
Penghasil
informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan ,
mengeksekusi perencanaan dan mengontrol aktivitas
DEFINISI LAYANAN SISTEM INFORMASI/TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem informasi
adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi:
operasi, instalasi, perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. sistem informasi manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan persoal manajemen. Manajemen Layanan Sistem
Informasi adalah suatu proses
kerja sama untuk menolong atau membantu segala apa yang diperlukan orang
lain untuk kebutuhn organisasi yang bersifat manajerial dengan suatu strategi.
Teknologi Informasi
dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya
teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian
informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut
akan:
* lebih cepat
* lebih luas sebarannya, dan
* lebih lama penyimpannya.
* lebih cepat
* lebih luas sebarannya, dan
* lebih lama penyimpannya.
Berikut ini adalah
pengertian system informasi menurut beberapa para ahli:
1. Menurut Mc
Leod
Sistem
informasi adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan
informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan
informasi
2. Menurut Erwan
Arbie
Sistem
informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat
manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan
yang diperlukan.
3. Menurut Tafri
D. Muhyuzir
Sistem
informasi adalah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian
rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung
satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.
4. Menurut O’Brien
Sistem
informasi adalah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware
(perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan
komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan,
mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.
5. Menurut Leitch
Rosses
Sistem
informasi express adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial
dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan
laporan-laporan yang diperlukan.
komponen system informasi:
Terdiri dari computer,
instruksi, fakta yang tersimpan, manusia dan procedure. System informasi dapat
dikategorikan menjadi empat bagian antara lain:
1.
System informasi
manajemen
2.
System pendukung
keputusan
3.
System informasi
eksekutuf
4.
System pemrosesan
transaksi
Fungsi system informasi:
- Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara
tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya
prantara sistem informasi.
- Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam
memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
- Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
- Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan
pendukung sistem informasi.
- Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem
informasi.
- Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi
ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
- Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan
dan pemeliharaan sistem.
KESIMPULAN
Dari pembahasan
diatas dapat diambil kesimpulan bahwa hubungan antara system informasi
manajemen dengan manajemen layanan system informasi adalah hubungan yang sama sama bergerak
dibidang informasi atau pengolahan, atau system yang berbasis computer yang
berfungsi untuk menyediakan informasi sesuai keinginan perusahaan untuk
mengorganisasikan perencanaan sampai terjadinya suatu keputusan. Namun karena system
tersebut menggunakan teknologi informasi sangat rentan mengalami gangguan atau
kerusakan yang akan mempengaruhi informasi tersebut.
0 comments:
Post a Comment